Membuat Sabun Cair


assalamualaikum :D 
hehe mau ngepost lagi nih, tentang pembuatan sabun cair dengan berikut segala penjelasannya. cekidot dot dot yeee :P 

Siapa yang tau pengertian sabun? ya, sabun adalah surfaktan yang digunakan dengan air yang digunakan untuk mencuci dan membersihkan. sabun memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah sabun cair. Sabun cair merupakan produk yang strategis, karena saat ini masyarakat modern suka produk yang praktis dan ekonomis. Penggunaan sabun cair juga telah meluas,  terutama pada sarana-sarana publik. Jika diterapkan pada suatu permukaan, air bersabun secara efektif mengangkat partikel dalam suspensi mudah dibawa oleh air bersih. Sabun cair memiliki manfaat dan kegunaan yang tidak kalah dengan sabun-sabun berbentuk lainnya. 



Bahan baku sabun cair

1.      TEXAPON N70
          Texapon N70 dengan nama lain Sodium Lauryl Sulfat/Sodium Laureth(SLS)/sulfat (Sodium lauryl eter sulfat-SLES), N70 umumnya digunakan p[ada produk pembersih alat rumah tangga (lantai,cuci piring, shampoo mobil, detergen bubuk, sabun aktif gel, dll) pembersih kosmetik, shampoo rambut, sabun mandi dan shower gel, mandi gelembung. Texapon merupakan bahan yang menghasilkan buih atau busa.
2.      Natrium Klorida (NaCl)
          Natrium Klorida dikenal juga sebagai garam, garam dapur, garam meja. Merupakan senyawa ionik dengan rumus NaCl. NaCl adalah garam yang paling bertanggung jawab atas salinitas dari laut dan dari cairan extrakulikuler dari multiser banyak organisme sebagai bahan utama dalam garam yang dapat dimakan ini, biasanya digunakan sebagai bumbu makan dan makanan pengawet. Dalam pembuatan sabun cair fungsinya sebagai pengental sabun yang masih berupa air.
3.      PEWARNA DAN PEWANGI
Berfungsi sebagai bahan tambahan (addictive) dan tidak akan mengurangi kualitas dari sabun cair, , penambahan parfum dan pewarna dapat mempengaruhi perhatian konsumen terhadap sabun cair, jadi akan cepat terjual bila akan dijual. biasanya di gunakan warna hijau dan aroma apel agar lebih dapat menghilangkan bau kotoran yang akan di bersihkan.


 Membuat sabun cair

Tujuan            :  Mengetahui tata cara membuat sabun cram agar dapat diterapkan   kehidupan di sehari-hari sehingga lebih ekonomis.
Alat                  :
1.      Baskom
2.      Pengaduk kayu
3.      Gelas ukur
4.      Masker
5.      Sarung tangan lab
Bahan              :
1.      Texapon          150gr
2.      Comperland     20cc
3.      Bronidox         5cc
4.      NaCl                25gr
5.      Pewarna           1gr
6.      Parfum                         5cc
7.      Aquades          900cc
Cara kerja      :
1.      campurkan Texapon dan comperland, aduk hingga rata. Tambhkan Aquadest sedikit demi sedikit (aduk hingga rata).
2.      Diamkan semalam hingga busanya hilang (cairan kental berwarna putih jernih)
3.      Tambahkan garam, bronidoz, pewarna dan parfum satu persatu hingga rata.


3 komentar:

Raden mengatakan...

Assalamualaikum wr wb, boleh minta alamat email mbak, saya mau buat deterjen cair, apakah bahannya sama ? Sy di nugroho.raden4@gmail.com

Anonim mengatakan...

hi ka, saya dari salah satu SMA di daerah Jakarta Utara, saya sedang melakukan percobaan membuat sabun cair, saya memiliki bahan texapon, glyserin, dan koh.

Tetapi selalu gagal, bahannya setelah diaduk rata tidak dapat menyatu dan hasilnya pun tidak kental. Mohon koreksiaannya dan saran nya ka, terimakasih ^^

Unknown mengatakan...

Maaf,,,,untuk pembuatan sabun cair harus hati hati,,,,kita akan menggunakan bahan kimia sebagai unsur kimia yang akan di senyawakan,,,,dalam bahan kimia kita harus tahu bahan kimia,,,secara detail dari nama fungsi,,,efek,,,dan ketepat guna persenyawaan,,,,karena untuk sabun cair berhubungan erat dengan perbekalan kesehatan rumah tangga PKRT,,,,untuk membuat senyawa kimia dari unsur kimia kita harus benar benar teliti dan dengan formulasi dan takaran yang tepat,,,,karena pkrt berhubungan erat dengan pengujia laboratorium yaitu uji fisik dan uji mikrobiologi,, ,uji jadi untuk sahabat belajarlah dahulu mengenal bahan atau unsur kimia yang mau di senyawakan. karena kimia adalah ilmu exacta,,,,belajar dengan para ahli di bidangnya,,,,