Membuat Sabun Cream


assalamualaikum :) 

ana mau post tentang cara pembuatan sabun cream ni ya ukthi. pasti pada tau dong apa itu sabun cream? ya Sabun Cream biasa sering juga disebut sabun Colek. Walaupun banyak orang telah beralih ke sabun lain untuk cuci piring dan cuci baju, tapi sabun Cream masih banyak peminatnya. Orang – orang yang sudah terlanjur jatuh cinta pada sabun cream banyak yang enggan untuk beralih ke sabun lain, kenapa? Menurut mereka yang mencintai sabun colek karena sabun ini multiguna bisa dipakai untuk membersihkan semua keperluan di rumah , cuci piring, cuci baju, ada juga yang untuk cuci mobil. Keunggulan Sabun Colek:
•       Membuat sendiri lebih murah.
•       Kekentalan sabun bisa kita atur
•       Kental, wangi
•       Tanpa peralatan khusus
•       Bisa untuk mencuci piring  dan mencuci baju.

Bahan baku sabun cream iu sendiri adalah : 

1.    
  DEDOCYL BENZENE SULFONAT (DDBS)
Adalah bahan aktif ( active ingredient) untuk membuat sabun colek, sebagian orang menyebutnya dengan nama ABS (alkyl benzene sulfonat), ini adalah bahan yang mutlak harus dipakai pada proses membuat sabun colek. yang nantinya akan menentukan hasil akhir. tanpa bahan ini sabun colek tidak akan memiliki daya bersih dalam pemakaian sabun colek, bahan ini berbentuk cairan yang biasanya berwarna coklat tua, yang berfungsi sebagai pembersih, ciri – ciri cairan ini adalah memiliki busa yang banyak bila di kucek.

2.      KAUSTIK SODA
Bahan ini berguna sebagai penetralisir sifat keasaman yang di akibatkan dalam pemakaian DDBS. Bahan ini berbentuk batangan atau flake. Sebelum dilakukan pencampuran, bahan ini harus dilarutkan dengan air dengan perbandingan 4:6 (misalnya : 40gr Kaustik Soda dengan 60cc air campuran) atau bisa juga dengan skala perbandingan lain sesuai dengan formula masing – masing, tetapi umumnya 4:6. Cara melarutkan kaustik soda harus dilakukan dengan hati – hati karena bahan ini bersifat keras terhadap kulit manusia.

3.      SODA ABU
Soda abu atau SODA ASH berbentuk bubuk, dan warnanya putih. Fungsinya untuk meningkatkan daya bersih, penambahan soda abu tidak boleh terlalu banyak, karena dapat menimbulkan rasa panas di tangan saat sabun colek digunakan. Penggunaan soda abu yang dianjurkan dalam formula pembuatan sabun colek adalah sekitar 7 % dari komposisi total bahan sabun colek.

4.      SILIKAT
Biasanya dikenal dengan nama water glass, bahan ini berbentuk cairan kental dan tidak berwarna (bening). berfungsi sebagai pengikat material dalam sabun colek. penggunaan silikat juga akan memberikan kesan berkilau pada sabun colek, bahan ini sangat mudah beku, jadi bila tidak dipakai, sebaiknya bahan ini di simpan dengan tutup yang rapat.

5.      AIR
air merupakan bahan utama dalam pembuatan sabun colek, berfungsi untuk menyempurnakan reaksi dari formula sabun colek, air juga berfungsi untuk mengatur kekentalan sabun colek yang akan dihasilkan dari proses formula sabun colek.

6.      PEWARNA DAN PEWANGI
Berfungsi sebagai bahan tambahan (addictive) dan tidak akan mengurangi kualitas dari sabun colek, warna sabun colek yang asli adalah coklat,  dan berbau kurang menarik. jadi penambahan parfum dan pewarna dapat mempengaruhi perhatian konsumen terhadap sabun colek, jadi akan cepat terjual bila akan dijual. biasanya di gunakan warna kuning dan aroma jeruk agar lebih dapat menghilangkan bau kotoran yang akan di bersihkan

7.      CMC = Carboxy methyl cellulose
Biasanya tersedia dlm btk garam, yaitu CMC (Na). fungsinya dalam sabun colek adalah sebagai pengental / meningkatkan viskositas.

8.      STPP
Untuk mencegah redeposisi atau mencegah kotoran kembali ke baju (kain). Jadi tidak tepat kalau ditambahkan pada sabun cair cuci piring. Jika ingin sabun cairnya punya kelebihan dibanding sabun cair lain beri bahan kimia semacam anti jamur/bakteri. Jadi tidak sekedar bersih tapi membunuh jamur/bakteri yg merugikan dari barang-barang yang di cuci sehingga tampak higienis.

 MEMBUAT SABUN CREAM
Tujuan             : Mengetahui tata cara membuat sabun cram agar dapat diterapkan   kehidupan di sehari-hari sehingga lebih ekonomis.
Alat                  :
  1. 1.      Baskom besar
  2. 2.      Plastik pembungkus untuk wadah sabun yang sudah jadi
  3. 3.      Sendok
  4. 4.      Pengaduk kayu
  5. 5.      Gelas ukur
Bahan              :
  1. 1.      DEDOCYL BENZENE SULFONAT (DDBS) 250gr
  2. 2.      CMC sabun 37,5gr
  3. 3.       Caustic Soda 25gr
  4. 4.      Air 0,25ltr
  5. 5.      Kaolin 25gr
  6. 6.      STPP 62,5gr
  7. 7.      Water Glass 25gr
  8. 8.      Pewarna 0,25gr
  9. 9.      Parfum 1,25cc
  10. 10.   Soda ASH 125gr
Cara kerja       :
  • 1.      Masukkan DDBS kedalam wadah/baskom yang telah dipersiapkan, lalu tambhkan CMC (tanpa dilarutkan) aduk hingga rata.
  • 2.      Tambahkan Soda ASH yang sudah dilarutkan dengan air sebanyak 0,25ltr.
  • 3.      Tambahkan STPP, Caustic Soda, dan Kaolin yang sudah dilarutkan dengan air satu per satu sebanyak 0,125ltr. Lalu masukkan kedalam campuran diatas dan diaduk hingga rata.
  • 4.      Tambahkan water glass, pewarna dan parfum kedalam wadah adonan yang tadi, aduk hingga rata.
  • 5.      Diamkan semalaman, lalu Sabun Cream siap untuk dipergunakan.
mudah kan cara pembuatannya? hehe cara pembuatan kambi ambil dari resep Toko Harum Kimia :) maaciw 

3 komentar:

Rifky Zainul Irfan mengatakan...

Kebetulan lagi nyari nih,makasih ya ....sangat bermanpaat........

Luthfie mengatakan...

makasih info nya, :)

iwa kartiwa mengatakan...

terimakasih...