Apa itu sopa? Kenapa juga semua orang membenci SOPA ?


SOPA merupakan singkatan yang kepanjangannya STOP Online Piracy Act atau juga dikenal dengan H.R 3261 yaitu sebuah rancangan undang-undang yang dilayangkan oleh Lamar Smith kepada perwakilan Amerika (US House of Representatives) pada tanggal 26 Oktober 2011.

Dengan RUU ini penegak hukum Amerika Serikat dan pemegang hak cipta akan mempunyai wewenang dan kemampuan untuk memerangi pembajakan secara online, pencurian konten, dan duplikasi hak cipta kekayaan intelektual.

RUU ini tidak mendapatkan tanggapan positip dari masyarakat seluruh dunia yang telah mempertimbangkan tentang akibat-akibatnya setelah RUU ini disahkan.


Banyak perusahaan internet raksasa yang menentang disahkannya SOPA yang sangat kaku sekali ini seperti Google, Facebook, Twitter, Mozilla dan LinkedIn.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang masalah ini, sebuah organisasi yang didukung oleh Mozilla, Creative Commons dan Wikimedia telah menciptakan sebuah Infographic yang menunjukkan efek dari RUU yang bernama SOPA ini pada sebuah perusahaan internet.


Apa yang terjadi jika RUU ini diberlakukan?
·         Dengan RUU ini sangat memungkinkan pemerintahan AS untuk memblokir warga amerika yang mengakses situs-situs yang melanggar hukum
·         Pemblokiran DNS akan digunakan untuk menyensor dan memblokir situs web di Amerika Serikat
·         Dengan metode yang sama akan diikuti oleh negara-negara seperti Cina, Iran, dan Suriah
Apakah akibatnya setelah RUU ini berlaku pada seorang webmaster atau pembuat website ?
·         Jika situs anda kena kasus, situs Anda akan diblokir dan situs anda tidak akan menerima pengunjung dari Amerika Serikat
·         Penghasilan website yang mayoritas berasal dari USA dan Kanada - nantinya akan hilang
·         Dengan RUU ini akan membatasi masyarakat Amerika Serikat yang hanya bisa melihat dan mendengar tentang sesuatu hal yang disukai oleh pemerintah Amerika Serikat.
Bagaimana proses kerja dari SOPA ini ?
·         Pemerintah akan memerintahkan kepada semua penyedia layanan internet (ISP) di Amerika Serikat untuk memblokir semua situs dari negara-negara asing yang kontennya seperti gambar, teks atau video ilegal atau melanggar hak cipta.
·         Pemerintah akan memerintahkan kepada Mesin Pencarian (search engine) untuk memodifikasi hasil dari pencarian user yang sesuai dengan ketentuan hukum.
·         Pemerintah akan memerintahkan penyedia layanan pembayaran seperti PayPal untuk menutup rekening dari pemilik situs yang telah melanggar hukum.
·         Lembaga penyensor akan mengekpresikan secara bebas untuk mengendalikan sesuai ketentuan hukum.
·         Singkatnya, dunia akan dikontrol melalui internet dan nantinya tidak akan mudah bisa menemukan informasi seperti di hari ini secara bebas tanpa ada batasan pelanggaran hukum.
Bagaimana ceritanya website kita akan di diblokir DNS-nya?

·         User bisa saja memposting sebuah link atau konten ilegal dan akhirnya situs Anda akan diblokir
·         Jika tidak segera mengambil tindakan untuk membersihkan, website Anda akan diblokir karena tidak tanggap dalam mengantisipasi pemblokiran itu.
·         Quote dan kutipan kata akan dianggap sebagai duplikat konten yang juga ditemukan di situs/tempat lain
·         Setiap situs internet yang melanggar hak cipta akan dieksekusi di/dari Amerika Serikat.


Orang-orang yang merasa keberatan dengan ada SOPA telah dimulai 



Iya, sudah banyak sekali orang-orang yang merasa keberatan, mulai dari pengguna internet umum, perusahaan-perusahaan Internet dan ISP menentang disahkannya SOPA ini.

Pada awalnya, GoDaddy.com merupakan salah satu perusahaan besar yang mendukung SOPA. Setelah menyatakan dukungannya terhadap SOPA, GoDaddy.com menerima ancaman akan terjadinya pemboikotan dari para pemilik website yang juga bagian dari konsumen layanannya di GoDaddy.com.

Jimmy Whales, pendiri Wikipedia secara terbuka ngetweet yang mengatakan bahwa mereka akan bangga untuk memindahkan semua domain mereka dari GoDaddy.com dan hal yang sama akan diikuti sebagai pemboikotan besar-besaran dalam satu hari, sebanyak 21.000 nama domain dari GoDaddy.

Bahkan ada situs muncul untuk mempromosikan kegiatan pemboikotan GoDaddy.com seperti ByeDaddy.com dan Godaddyboycott.org

Akhirnya drama ini berakhir setelah GoDaddy secara terbuka mengumumkan bahwa mereka menarik dukungan kepada SOPA

1 komentar:

kliping email mengatakan...

oh, gitu yah, penjelasannya