Membuat Boneka dari Kain Flanel

Assalamualaikum penontoooonn :D
     aye balik lagi nih ekeke, mau ngepost tentang cara2 pembuatan boneka dari kain flanel.. Penonton pasti tau kan kain flet atau yg biasa d sebut kain flanel? ituloh kain yg berserat lembut dan beraneka warna. Kerajinan kain flanel untuk saat ini cukup diminati. Karena d lain bahannya yg beraneka warna, kain flanel juga mudah untuk d jahit dan bertekstur lembut.. Bahan2nya pun sangat mudah untuk di cari. Karena itulah kain flanel sangat di minati dan dapat di buat berbagai macam kerajinan tangan :)
Untuk kali ini aye mau kasih tutorial tentang cara pembuatan boneka gajah dari kain flanel :D . Alat dan Bahan yg harus d persiapkan adalah:



1. Kain flanel, warna boleh sesuai selera anda masing-masing.
2. Jarum Jahit
3. Jarum pentul.
3. Benang sulam.
4. Dakron, jika tidak ada bisa di gantikan oleh kapas.
5. Lem UHU.
6. Gunting.
7. Gantungan kunci (jika ingin d jadikan bross, bisa juga di gantikan oleh peniti)

     Jika alat dan bahan yg sudah aye sebutkan tdi sudah tersedia, kita bisa memulai pertama2 dengan membuat sketsa.. Sketsa yg di buat boleh sesuai keinginan anda, atau boleh juga mencari gambar di google.. Nah ini sketsa yg saya pakai :)
   
     Setelah sketsa d buat, siapkan kain flanel yg sudah anda siapkan (warna sesuai selera anda). Kemudian, sketsa tadi anda tempelkan dengan jarum pentul agar mudah d gunting menjadi pola2 seperti pada sketsa. Lalu mata dan telinga dapat di tempelkan terlebih dahulu dengan lem UHU, agar saat di jahit akan lebih mudah.. setelah di lem, pola akan menjadi seperti berikut ini:

(ini pola depan dan belakang)

     Kuping dan mata dapat di jahit dengan menggunakan tusuk rol. Kemudian gabungkan pola depan dan belakang menggunakan tusuk feston.. Jahitan pertama di mulai dari belalai agar memasukan dakron pada belalai lebih mudah.. Kemudian jahitan d lanjutkan lagi hingga akhir, namun sisakan sedikit bagian untuk memasukkan dakron. Setelah pola terisi dakron, selesaikan lagi dengan menjahit sisanya menggunakan tusuk feston .. Nanti jadinya akan seperti ini :) :


     Setelah boneka gajah selesai di jahit, boneka gajah ini kita kaitkan dengan gantungan kunci.. Dan hasil akhirnya pun akan seperti ini : 

     Hasilnya cantiuk bukan?? :D ..
     Nah anda juga bisa membuat boneka dari kain flanel, sesuai dengan selera anda dan sekreatif mungkin.. Membuatnya pun sangat mudah .. Selamat mencobaaaaa ;) 

Tidak ada komentar: